Wali Kota di Australia Disangka Korupsi, Semua Petinggi Pemkot Dipecat

Wali Kota di Australia Disangka Korupsi, Semua Petinggi Pemkot Dipecat

             IPSWICH, Semua petinggi Pemerintah Kota Ipswich di Queensland, Australia, juga akan dipecat atas sangkaan tindakan penipuan yang dikerjakan pemimpin mereka, Andrew Antoniolli.

Ketentuan itu ditegaskan oleh Menteri Masalah Pemerintahan Daerah Queensland, Stirling Hinchliffe, selang sebagian jam sesudah Antoniolli mengundurkan diri.

Antoniolli dituduh lakukan penipuan oleh Komisi Kejahatan serta Korupsi Queensland (CCC).

Dia hadapi tujuh tuduhan penipuan karna disangka memakai dana pemkot untuk beli beberapa barang lelang dari tubuh amal sepanjang enam th. paling akhir.

Hinchliffe juga akan berupaya merubah undang-undang pada minggu depan supaya beberapa petinggi pemkot bisa segera dipecat.

Di Australia, pemerintah kota (Council) terdiri atas councillor, petinggi yang diambil lewat pemilu lokal. Satu diantara councillor sekalian menjabat jadi wali kota.

” Hari ini, saya juga akan memohon pemkot Ipswich untuk memajukan argumen kenapa mereka tidak semestinya diberhentikan, ” kata Hinchliffe.

” Minggu depan saya juga akan memohon Kabinet memperhitungkan penguatan kewenangan legislatif dari Menteri Masalah Pemerintah Daerah untuk memecat petinggi Pemkot, saat mereka sudah kehilangan keyakinan orang-orang, ” ucapnya.

Menteri Paling utama Queensland Annastacia Palaszczuk menyebutkan, warga Ipswich sudah kehilangan keyakinan pada pemerintahan kotanya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Geleng-geleng Saksikan Pertamina Cuma Eksplorasi Kecil-kecilan

” Demikian banyak tuduhan pada petinggi hingga buat siapa juga tidak sekali lagi yakin pada pengelolaan Pemerintah Kota Ipswich, ” tuturnya.

” Cukup hingga disini. Mesti dihentikan. Saya menghentikannya. Masyarakat Ipswich layak memperoleh yang tambah baik, ” paparnya.

Dia menyebutkan perubahan UU yang menginginkan dikerjakan Menteri Masalah Pemerintahan Daerah juga akan diaplikasikan pada pemkot bermasalah yang lain.

Antoniolli mengambil keputusan mundur dari jabatannya jadi wali kota Ipswich hingga masalah pengadilan usai.

Dia jadi wali kota Ipswich ke-2 yang dituntut oleh CCC. Wali kota terlebih dulu, Paul Pisasale, saat ini masih tetap melakukan persidangan atas tuduhan korupsi, pemerasan, penipuan, sumpah palsu serta berupaya menghambat penegakan hukum.

Sesudah Pisasale mengundurkan diri jadi wali kota th. lantas, Antoniolli menukar tempatnya Agustus 2017.

Waktu itu, dia menyatakan juga akan ambil beragam aksi untuk meyakinkan transparansi serta tata kelola pemerintahan yang baik.

Support by : kompas.com