Soal Isu Jebak PSK oleh Andre, MKD Bicara Fungsi Pengawasan

Agen Judi Online – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI buka kesempatan menyebut anggota DPR Andre Rosiade masalah rumor penjebakan PSK di salah satunya hotel di Padang, Sumatera Barat. MKD mengungkit masalah peranan pengawasan DPR. Bagaimana sebetulnya peranan pengawasan DPR ditata?

Seperti diambil dalam situs sah DPR, Anggota DPR mempunyai tiga peranan, yakni peranan legislasi, peranan budget, serta peranan pengawasan.

Berkaitan dengan peranan pengawasan ini, DPR mempunyai pekerjaan serta kuasa seperti berikut:

1. Lakukan pengawasan pada penerapan UU, APBN serta kebijaksanaan pemerintah
2. Mengulas serta menindaklanjuti hasil pengawasan yang dikatakan oleh DPD (berkaitan penerapan UU tentang otonomi wilayah, pembentukan, pemekaran serta penyatuan wilayah, pengendalian SDA serta SDE yang lain, penerapan APBN, pajak, pendidikan serta agama).

Baca Juga : Marc Marquez Dominan, MotoGP Membosankan?

Masalah peranan pengawasan ini disebut dalam Ketentuan DPR No 1 Tahun 2014 Mengenai Tata Teratur. Anggota DPR memiliki hak lakukan pengawasan. Tetapi, kunjungan detil atau peninjauan tiba-tiba dikerjakan bila ada permasalahan atau insiden mengagumkan.

Klausal 194

(1) Tiap Anggota memiliki hak mengamati penerapan undang-undang, penerapan APBN, serta kebijaksanaan pemerintah dan perjuangkan
kebutuhan warga, terhitung warga di wilayah penentuan.

(9) Kunjungan detil serta peninjauan tiba-tiba seperti disebut pada ayat (1) dikerjakan bila ada permasalahan yang menekan serta/atau insiden mengagumkan di wilayah penentuan serta/atau propinsi asal Anggota yang berkaitan.

Peranan pengawasan DPR ini disinggung oleh Wakil Ketua MKD DPR Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan saat bicara masalah pro-kontra Andre Rosiade turut penggerebekan serta rumor penjebakan PSK. Faksinya buka kesempatan menyebut Andre untuk meluruskan rumor yang ramai diulas itu.

Buat Trimedya, anggota Dewan memang memiliki peranan lakukan pengawasan. Peranan itu, menurut dia, berlaku buat Andre Rosiade dalam masalah penggerebekan PSK di Kota Padang, tetapi pasti dengan beberapa catatan yang perlu dilihat.

“Sebetulnya kan jika bersihkan… peranan DPR kan 3, salah satunya pengawasan. Pengawasan itu kan dalam kerangka aparat penegak hukum telah kerja tidak sesuai tupoksinya. Meskipun beliau bukan di Komisi III ya dalam peranan pengawasan ya ia memiliki hak mengamati,” kata Trimedya waktu dihubungi wartawan, Rabu (5/2/2020).

PSK serta muncikari prostitusi online yang digerebek polisi bersama dengan Andre Rosiade telah diputuskan jadi terduga. Tetapi, ramai dibicarakan rumor penjebakan oleh Andre Rosiade. Andre sudah menangkis lakukan penjebakan. Anggota Komisi VI DPR itu memperjelas ia menindaklanjuti laporan dari warga.

“Jadi gini, warga itu memberikan laporan pada saya untuk menunjukkan, saya katakan mana faktanya, serta polisi ada waktu lakukan itu, ya telah kita tunjukkan. Warga yang pesan, bukan saya yang pesan, warga yang ada disana yang pesan, serta warga itu yang menanti di kamar,” kata Andre pada wartawan.