Selama Sebulan, TNI AU dan Militer Singapura Latihan Tempur di Riau

PEKANBARU – TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, Riau, serta militer hawa Republic of Singapore Air Force (RSAF) akan melakukan latihan saat sebulan ke depan.

Latihan ini berpusat di lokasi hawa Riau dengan menyertakan beberapa jet tempur militer dari ke-2 negara.

Danlanud Rsn Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka menyampaikan, enam pesawat tempur dari RSAF telah datang di Lanud Rsn Pekanbaru, Selasa (9/10/2018).

“Dari RSAF enam pesawat tempur F-16 dari 140 SQ, 143 SQ, serta 145 SQ Lalu tiga pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Hawa III Lanud Iswahjudi Madiun serta Skadud 16 Lanud Rsn Pekanbaru,” jelas Ronny.

Ia menjelaskan, latihan bersama dengan ini akan dikerjakan saat sebulan. Latihan itu teratur diselenggarakan tiap-tiap tahun.

“Latihan ini teratur setiap tahun. Untuk tahun ini, kita kemas dalam pekerjaan Joint Figther Weapon Course (JFWC) 2018,” papar Ronny.

Menurutnya, latihan ini dalam rencana tingkatkan potensi penerbang dalam operasi pertarungan hawa. Diluar itu, ikut untuk memperkuat kerja sama ke-2 angkatan hawa.

Selanjutnya, Ronny mengemukakan, latihan ini nanti akan dibagi jadi dua sisi, yaitu ground school serta manuver.

“Untuk ground school akan dikerjakan saat dua minggu. Sesudah itu, diteruskan dengan manuver lapangan yang diselenggarakan saat tiga bulan di Lanud Rsn Pekanbaru,” jelas Ronny.

Dalam latihan ini, pesawat tempur akan lakukan seperti taktik dalam latihan.

Baca Juga : Ketua DPP Gerindra: Elektabilitas Prabowo Memang di Bawah Jokowi, tapi…

“Dari mulai Basic Fighter Maneuver (BFM), Air Combat Tactic (ACT), Surface Attack Tactic (SAT) sampai puncaknya ialah Large Force Employment (LFE) atau Mission Orientation Training (MOT),” jelas Ronny.

Ia mengharap, latihan ini bisa berjalan mulus serta optimal, hingga bisa meningkatkan profesional penerbang buat ke-2 angkatan hawa itu.