PKS Berpotensi Tunjuk Lebih dari 2 Kader sebagai Kandidat Wagub DKI

JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) punya potensi menunjuk lebih dari dua kadernya menjadi calon wagub DKI Jakarta alternatif Sandiaga Uno.

Ketua Dewan Pimpinan Lokasi (DPW) PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo menjelaskan, pihaknya akan berkonsultasi dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS untuk menunjuk kader yang akan ikuti fit and proper test calon wakil gubernur DKI.

Sekarang ini, telah ada dua kader PKS yang telah ditunjuk menjadi calon wakil gubernur DKI, yaitu Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto serta bekas Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.

“Sebetulnya DPP PKS telah mengambil keputusan dua nama, yakni Agung Yulianto serta Ahmad Syaikhu. Tetapi, apa lalu akan ditambah kembali dalam fit and proper test, peluang itu masih ada, kami membuka kesempatan itu. Siapa namanya, kelak kami tanyakan,” tutur Syakir di kantor DPD Gerindra DKI, Jalan Letjend Suprapto, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Syakir mengemukakan, langkah awal yang akan dikerjakan DPW PKS DKI ialah memberikan laporan hasil pertemuan dengan DPD Partai Gerindra DKI Jakarta pada DPP PKS.

Pertemuan itu menyetujui kursi wakil gubernur DKI diserahkan pada PKS.

DPW PKS DKI akan mengonsultasikan beberapa nama kader yang akan diusulkan menjadi calon wakil gubernur DKI pada DPP PKS.

Sesudah itu, DPW PKS DKI akan menginformasikan beberapa nama yang akan ikuti fit and proper test itu.

“Insya Allah kelak selekasnya mungkin, demikian ada instruksi dari pimpinan, dari DPP, kami akan berikan (nama calon),” kata Syakir.

Pada Senin sore, DPD Gerindra DKI serta DPW PKS DKI mengadakan rapat serta setuju jika kursi wakil gubernur DKI diserahkan pada PKS.

Dua nama calon dari PKS yang akan diambil lewat DPRD DKI Jakarta itu mesti ditetapkan lewat fit and proper test.

DPD Gerindra DKI serta DPW PKS DKI akan membuat tubuh untuk lakukan fit and proper test itu. Semasing partai akan menunjuk dua orang menjadi anggota tubuh itu.

Baca Juga : Ini yang Bikin Jokowi Buka-bukaan Tanggapi Isu PKI

Tubuh itu nanti ingin memutuskan dua kader PKS hasil fit and proper test yang dicalonkan menjadi calon wakil gubernur untuk diambil lewat proses pengambilan suara di DPRD DKI Jakarta.

Akan tetapi, bila calon dari PKS tidak lulus fit and proper test, DPD Gerindra serta DPW PKS DKI akan kembali rapat untuk memastikan langkah selanjutnya. Keadaan itu membuat Gerindra berkesempatan mencalonkan wakil gubernur DKI.