Pesan Tan Joe Hok: Pebulutangkis Masa Kini Butuh Pelatihan Mental

Agen Judi Online – Legenda bulu tangkis, Tan Joe Hok, memandang pebulutangkis saat ini memerlukan training mental yang sama dengan bagian pembekalan fisik. Mengapa?

Tan Joe Hok tidak dapat memperbandingkan waktu jayanya dengan pebulutangkis saat ini. Ia memandang atlet-atlet bulu tangkis sekarang mempunyai rintangan yang lebih berat.

Juara All England 1859 itu juga memberi pesan supaya pebulutangkis muda tidak cuma mempertajam fisik seperti beberapa pemain jaman dahulu. Pebulutangkis saat ini dituntut mempunyai mental kuat hingga dibutuhkan training.

“Jaman saya tidak ada masalah yang sama juga dengan saat ini, tidak ada mal, tidak ada HP. Nah, beberapa saat (pergi ke mal atau main HP) tetapi mind kita telah hilang. Karena itu, kita meminta pada pelatih tidak cuma fisik, tetapi mental spiritual,” kata pria 82 tahun itu di antara pertemuan wartawan Final Audisi Djarum Beasiswa Bulu tangkis 2019 di GOR Djarum, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019).

Baca Juga : Robert Moreno Sudah Pamitan ke Skuad Spanyol

Walau mempunyai masalah makin banyak, Tan Joe Hok memandang, ada keringanan yang dipunyai pebulutangkis jaman saat ini. Itu dari segi sarana latihan.

“Dahulu saya memulai bulu tangkis dengan bakiak di lapangan terbuka, gunakan lampu petromak. Saat ini semua ada. Ini satu kelebihan,” tuturnya.

Paling akhir, dia kembali mewanti-wanti supaya beberapa olahragawan betul-betul berlatih. Dengan demikian, dia mengharap akan ada olahragawan yang menandingi potensi beberapa legenda.

“Tanpa ada itu tidak jadi sepenuhnya, tapi harus menyimpan satu keinginan besar. Enam, sepuluh tahun saya pikir akan ada yang menandingi King, dan sebagainya,” tutur ia.