Pesan Idul Fitri Cak Imin: Mari Hilangkan Sekat Perbedaan

Jakarta – Searah dengan semangat Idul Fitri 1439 H/2018 M, Wakil Ketua MPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengajak orang-orang menyingkirkan sekat-sekat ketidaksamaan yang sering jadi akar perselisihan.

Menurut dia, lebaran adalah peristiwa yang cocok untuk merajut kembali tali silaturrahmi serta memprioritaskan persatuan, meski Idul Fitri kesempatan ini dirayakan masih juga dalam beberapa th. politik, hingga bukanlah tidak mungkin saja keduanya mempunyai ketidaksamaan pilihan dalam berpolitik.

“Setelah sebulan berpuasa, saat ini tiba waktunya kita menyucikan diri. Mari menghilangkan sekat ketidaksamaan. Politik dinomorduakan dahulu, silaturrahmi yang diprioritaskan, ” kata Cak Imin sapaan Muhaimin, Sabtu (16/6) di Jakarta.

Cak Imin menyampaikan, berpuasa sepanjang sebulan mengajarkan umat Islam untuk menahan diri tak makan serta minum sepanjang 13 jam. Ritual ini, kata Cak Imin, berarti bahwa umat Islam mesti selalu menahan diri dari kesenangan duniawi serta berjuang mencapai kesenangan ukhrawi.

Baca Juga : Ini Bahaya Balon Udara yang Terbang hingga Ketinggian Jelajah Pesawat

Cak Imin memberikan, Idul Fitri juga adalah momentum untuk mengintrospeksi diri. Seperti kata fitri yang berarti suci, jadi seyogyanya sesudah perayaan Idul Fitri ada pergantian yang tambah baik dalam diri tiap-tiap muslim.

“Di Idul Fitri kesempatan ini, mudah-mudahan kita kembali bersih serta berjumpa dengan Ramadan mendatang, ” tutur Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.