Pendaftaran Caleg Ditutup, Semua Parpol Peserta Pemilu Sudah Mendaftar

JAKARTA – Komisi Penentuan Umum (KPU) sah tutup pendaftaran akan calon anggota legislatif, Selasa (17/7/2018) jam 00. 00 WIB.

Sekitar 16 parpol peserta pemilu telah mendaftar caleg mereka.

Pendaftaran sebetulnya sudah di buka oleh KPU semenjak 4 Agustus kemarin. Tetapi, semuanya partai politik pilih mendatangi Kantor KPU di menit-menit akhir.

Partai Nasdem berubah menjadi partai pertama yang mendaftar calegnya ke KPU. Partai pimpinan Surya Paloh ini menyerahkan daftar calegnya ke KPU semenjak Senin (16/7/2018). Selama seharian itu, cuma Nasdem partai yang mendaftarkan.

Sekitar 15 partai yang lain pilih hari paling akhir untuk mendaftar caleg mereka. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hadir ke KPU pada Selasa pagi, disusul Perindo, PDI-P, Hanura, Garuda, serta Demokrat.

Bekasnya yaitu PAN, PKS, Berkarya, Golkar, PKPI, PKB, Gerindra, PBB, serta PPP pilih mendaftarkan saat malam hari.

PPP bahkan juga baru ada seputar jam 23. 30 WIB atau cuma 1/2 jam sebelum saat pendaftaran ditutup.

Umumnya partai politik pilih menit-menit paling akhir untuk mendaftarkan karena persiapan tehnis yang perlu dimatangkan.

Sesudah proses pendaftaran ini, akan terdapat verifikasi administrasi akan calon pada 4 hingga sampai 18 Juli 2018. Setelah itu, KPU akan mengemukakan hasil verifikasi kelengkapan administrasi akan calon pada parpol peserta pemilu.

Pada 22-31 Juli 2018, akan terdapat perbaikan daftar calon serta prasyarat calon anggota dan mengajukan akan calon pengganti.

Baca Juga : Politisi PKS: Pencapresan Prabowo Masih Dipertimbangkan Mitra Koalisi

Pengumuman daftar calon masih akan dikerjakan pada 21-23 September 2018. Mengenai penentuan legislatif (pileg) akan dikerjakan serentak pada Rabu, 17 April 2019 di semua Indonesia.

Mendekati penentuan anggota legislatif 2019, beberapa nama politisi serta tokoh umum bersama-sama geser parpol.