PAN Kritik Rencana Jokowi Tambah 6 Wamen: 12 Orang Saja Gemuk-Boros

Agen Judi Online – PAN menyebutkan gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkatkan enam wakil menteri (wamen) punya potensi memboroskan budget. PAN menyentuh masalah sarana wamen yang akan diberi bila ada menambahkan jumlahnya anggota Kabinet Indonesia Maju.

“Dengan 12 wamen saja telah gemuk serta boros. Ditambah lagi akan ditambahkan enam wamen. Dari bagian berbelanja APBN, pertama, beberapa wamen itu harus disediakan kantor. Ukuran serta kemewahannya pasti harus di atas kantor dirjen serta dibawah menteri. Jika saja kemewahan kantor menteri serta dirjen tersendiri dibuka ke warga, saya meyakini banyak yang takjub, serta dapat geram,” kata anggota Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo pada wartawan, Sabtu (9/11/2019).

“Kemudian harus ada mobil dinas, mungkin rumah dinas, belasan atau di atas 20 staf, dan lain-lain. Janganlah lupa masih ada dana taktis serta operasional, yang untuk menteri nilainya miliaran rupiah satu tahun,” paparnya.

Kabinet gemuk, lanjut Dradjad, akan berefek pada proses birokrasi yang lebih panjang serta lama. Ia menjelaskan dampak negatif ekonominya dapat lebih relevan dari berbelanja APBN untuk beberapa wamen.

“Wamen butuh dikasih portofolio, yang dalam masalah tersendiri sama berarti dengan ‘bagi-bagi proyek’. Belum juga efek interferensi partai politik bila wamen datang dari partai politik, walau tidak selamanya demikian,” katanya.

Baca Juga : Kevin/Marcus ke Final Fuzhou China Open 2019

Dradjad menyorot gagasan penggemukan wamen dikatakannya berlangsung waktu perkembangan ekonomi sedang statis. PAN memandang Jokowi harus menangguhkan gagasannya meningkatkan wakil menteri, serta jika dapat menguranginya.

“Lebih , penerimaan pajak sedang benar-benar seret. Dari sasaran APBN 2019 sebesar Rp 1.578 triliun, penerimaan pajak sampai Oktober 2019 baru seputar Rp 1.000 triliun. Masih kurang Rp 500 triliun lebih, sesaat tersisa waktu cuma 2 bulan ,” tuturnya.

Awalnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bicara peluang Jokowi meningkatkan enam wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju. Tetapi Moeldoko belum menyebutkan menteri apa yang akan punyai wakil.

Ia menjelaskan peluang menambahkan enam wakil menteri itu adalah peningkatan. Sekarang figur wamennya sedang dicari.

“Ada enam gagasan sich. Gagasan. Tetapi saya belum saya yakinkan,” kata Moeldoko di Rapimnas HKTI di Discovery Ancol Hotel, Jalan Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/11/2019).

Selain itu, Staf Spesial Presiden Bagian Komunikasi Fadjroel Rachman belum tahu jumlahnya wakil menteri yang akan ditambah Presiden Jokowi. Tetapi, ia menjelaskan, kalau ada menambahkan wamen, itu untuk penajaman prioritas.

“Wakil menteri itu untuk pekerjaan spesial, seperti Pak Surya Tjandra Wamen Agraria, yang spesial mengatasi perselisihan agraria. Selanjutnya Wamen BUMN mengatasi pembiayaan, Wamen Pertahanan untuk industrialisasi pertahanan. Jadi ada kekhususan serta prioritas pekerjaan,” tutur Fadjroel waktu dihubungi, Sabtu (9/11/2019).