PAN Akui Komunikasi ke NasDem dan Sejumlah Partai tapi Tak Terkait Pilpres

Agen Judi Online – PAN mengaku ada komunikasi dengan Partai NasDem, tetapi menolak bila itu berkaitan dengan Pemilihan presiden 2024. PAN mengaku sudah berkomunikasi dengan partai lain tidak hanya NasDem.

“Tidak (pendekatan untuk Pemilihan presiden 2024), kita memang sudah bicara dengan rekan-rekan NasDem, tetapi kita bicara dengan partai lain. Serta itu adalah sisi dari komunikasi politik yang kita lalui. Ditambah lagi saat ini ya cukup cukup intens dalam rencana pemilihan kepala daerah serempak,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno di Sekretariat PAN, Jalan Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).

“Di antara perbincangan pemilihan kepala daerah serempak, itu ada juga perbincangan berkaitan bersilahturahmi, di antara kita dengan PDIP, NasDem dengan PAN, termasuk dengan partai-partai lain,” paparnya.

Menurut Eddy, bersilahturahmi antar-partai politik ialah budaya yang sehat. Eddy menjelaskan PAN akan terima kunjungan NasDem dengan tangan terbuka.

“Jadi, kalaulah ada gagasan kunjungan NasDem ke PAN, saya anggap itu kita sambut dengan tangan terbuka, dengan pintu terbuka. Tapi ada pula ada perbincangan dengan partai lain sebab kami akan memberi perlakuan yang sama,” tutur Eddy.

Baca Juga : Bebas dari Bayang-bayang Hazard, Pulisic pun Melejit di Chelsea

Bersilahturahmi antar-parpol itu disebutkan Eddy dikerjakan untuk menyamai persepsi. Yang penting, menurut dia, masih memprioritaskan kebutuhan publik.

“Jadi saya anggap ini sisi dari satu adat demokrasi yang benar-benar baik, sama-sama bersilahturahmi, serta sama-sama menyamai persepsi. Asal keperluannya serta arah intinya ialah kita memprioritaskan serta memprioritaskan kebutuhan publik,” katanya.

Berkaitan pelukan di antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Ketua umum NasDem Surya Paloh, Eddy memandangnya jadi hal yang positif. Menurut dia, pelukan itu bawa pesan yang teduh serta nyaman pada publik.

“Intinya kita lihat semua hal yang baik, yang teduh, yang bawa kenyamanan buat publik, saya anggap itu positif untuk disikapi. Apapun maknanya, tapi pertanda itu telah positif. Jadi apapun yang baik-baik pasti kita merasakan suka,” papar Eddy.

Pertemuan NasDem dengan PAN awalnya sempat juga dikatakan Ketua Bagian Pemenangan Pemilu Sumatera 2 Partai NasDem Willy Aditya. Pertemuan itu, kata Willy, akan berjalan di akhir November ini.

“Informal saya sudah setuju sama Mas Eddy (Sekjen PAN Eddy Soeparno), sudah komunikasi sama Pak Zul, akhir November. Sebab kami masih membuat harus usai kongres. Ini saat ini kan NasDem sedang konsentrasi masalah kongres,” tutur Willy, Rabu (6/11).

“(Mengulas) pemilihan kepala daerah. (Pemilihan presiden) belum, masih jauh, Belanda masih jauh. Masih pendekatan lah, figurnya kan belumlah ada semua jenis, masih jauh lah itu,” paparnya.