OJK Merencanakan Terbitkan 50 Izin Usaha Bank Wakaf MIkro Th. Ini

OJK Merencanakan Terbitkan 50 Izin Usaha Bank Wakaf MIkro Th. Ini

             PURWOKERTO, Otoritas Layanan Keuangan (OJK) merencanakan menaikkan izin usaha Bank Wakaf Mikro (BWM) di banyak wilayah di Indonesia. Terlebih dulu, OJK sudah memberi izin usaha pada 20 BWM yang menyebar di Pulau Jawa.

” Tujuan untuk pendirian BWM pasti sejumlah banyak. Ini pilot project tempo hari 20 telah berdiri lalu th. ini keinginannya ada 50 mungkin saja berdiri Insya Allah, ” Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Ahmad Soekro Tratmono waktu menghadiri diskusi di Hotel Java Heritage Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (5/4/2018) malam.

Sekarang ini, sejumlah tujuh BWM berada di Jawa Tengah, enam di Jawa Timur, serta tujuh di Jawa Barat dan Banten. Semuanya pilot project BWM itu ada di dekat pondok pesantren.

Oleh karenanya, penambahan 30 BWM pada th. ini dimaksud Soekro juga akan menyebar diluar Pulau Jawa serta tidak cuma berada di dekat pesantren, tetapi di beberapa lokasi yang dipandang mungkin.

Baca Juga  : Prabowo Tidak Juga akan Deklarasi jadi Capres di Rakornas Partai Gerindra

” Maka dari itu kita mengundang juga pada donatur-donatur untuk selalu tingkatkan donasinya hingga tingkatkan banyak BWM. Sebab, instansi ini tidak bisa mengumpulkan dana orang-orang, maka dari itu sumber dananya dari donatur yang didonasikan lewat instansi amil zakat atau LAZ, ” tuturnya.

Di bagian beda, pengembangan BWM di lingkungan pesantren diinginkan bisa mensupport pengembangan ekonomi syariah yang berkaitan serta bisa tingkatkan skala hidup orang-orang. Instansi keuangan ini juga diinginkan dapat kurangi ketimpangan serta kemiskinan.

Kehadiran BWM ini adalah prinsip OJK dengan pemerintah untuk selalu memperluas penyediaan akses keuangan orang-orang, terutama untuk orang-orang menengah serta kecil.

Support by : kompas.com