Mercedes Pertahankan Valtteri Bottas untuk F1 2020

STAVELOT – Teka-teki mengenai masa depan Valtteri Bottas akhirnya terjawab. Pembalap berkebangsaan Finlandia tersebut resmi memperpanjang kontrak dengan Mercedes AMG Petronas selama satu tahun. Dengan demikian, ia akan membela Tim Panah Perak pada Formula One (F1) 2020.

Kontrak Valtteri Bottas sebelumnya habis pada akhir musim 2019. Pembalap berusia 30 tahun itu terancam kehilangan tempatnya sebagai pendamping Lewis Hamilton karena dinilai tak kunjung meraih hasil positif setelah tiga tahun bernaung.

Namun, spekulasi akhirnya usai jelang pekan balapan F1 GP Belgia 2019. Mercedes AMG Petronas resmi mengumumkan Valtteri Bottas sebagai pendamping Lewis Hamilton untuk musim depan. Pembalap bernomor mobil 77 itu jelas bahagia dengan perpanjangan kontrak.

“Saya sangat bahagia dan bangga dapat menjadi bagian dari tim ini untuk musim keempat. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap anggota tim dan dewan direksi Mercedes atas kepercayaannya,” ungkap Valtteri Bottas, mengutip dari situs resmi Mercedes AMG F1, Jumat (30/8/2019).

Baca Juga : Hasil Undian Fase Grup Liga Champions 2019-2020

“Tujuan utama saya adalah menjadi juara dunia Formula One. Saya yakin di atas kertas dan berdasarkan pengalaman, Mercedes adalah opsi terbaik untuk mencapai tujuan itu pada 2020,” imbuh pembalap kelahiran Nastola tersebut.

Valtteri Bottas kini masih menghuni peringkat dua klasemen sementara dengan raihan 188 poin, terpaut 68 angka dari rekan setimnya di puncak, Lewis Hamilton. Selisih poin yang cukup jauh itu secara matematis masih bisa dikejar karena F1 menyisakan sembilan seri lagi, termasuk GP Belgia akhir pekan ini.