Mendagri: Bupati Donggala dan Parigi Masih Belum Bisa Dikontak

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan, pihaknya belumlah bisa menghubungi Bupati Donggala Kasman Lassa serta Bupati Parigi Samsurizal Tombolotutu sesudah bencana gempa serta tsunami menempa Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) kemarin.

“Kepala daerah Donggala serta Parigi belum juga dapat dikontak, belumlah tahu saya apa menjadi korban atau bagaimana,” kata Tjahjo waktu jadi narasumber di KompasTV, Minggu (30/9/2018).

Sesaat berkaitan keadaan Wali Kota Palu, Hidayat, Tjahjo pastikan jika sang Wali Kota selamat. Info itu dia terima langsung dari Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang telah berjumpa dengan Wali Kota Palu.

“Ada agunan dari Gubernur, telah berjumpa Wali Kota Palu, selamat,” kata Tjahjo.

Komunikasi dengan ke-2 kepala daerah itu selalu dikerjakan olehnya. Ia juga selalu merajut komunikasi dengan staf pemerintahan ditempat supaya pemerintahan di daerah itu selalu berjalan.

“Tetapi ada staf yang dapat dihubungi, (juga) melalui Satpol PP, bawa serta telephone satelit untuk pastikan keadaan pemerintahan mesti siap,” jelas dia.

Tjahjo menyampaikan, pada Selasa yang akan datang, pemerintahan daerah telah direncanakan mulai dapat berjalan.

Baca Juga : KPU dan Caleg Asal Jakarta Barat Bacakan Ikrar Komitmen Kampanye Damai

Gempa berkekuatan 7,4 serta tsunami menempa Kota Palu serta Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat kemarin. Tsunami yang berlangsung di Palu tingginya sampai 0,5 sampai 1,5 mtr., di Donggala kurang dari 0,5 mtr., serta di pantai di Mamuju 6 cm.

Data sesaat sekarang ini, korban meninggal dalam bencana itu 832 orang.