KPU: Tidak Ada Perpanjangan Waktu Pendaftaran Caleg

JAKARTA – Ketua Komisi Penentuan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan, tidaklah ada perpanjangan pendaftaran calon anggota legislatif.

Batas akhir saatnya masih hari Selasa (17/7/2018) jam 00. 00 WIB.

” Hingga sampai jam 14. 30 WIB tadi siang, baru empat partai yang mendaftar calegnya. Terdapat PDI- P, Partai Nasdem, PSI serta Perindo, ” tutur Arief waktu didapati di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa sore.

” Selebihnya kami tunggulah hingga sampai kelak malam serta tidaklah ada lagi ya perpanjangan. Jadi jam 00. 00 WIB, stop, ” katanya.

Penutupan pendaftaran caleg, lanjut Arief, diawasi penuh oleh Tubuh Pengawas Pemilu atau Bawaslu hingga diinginkan berjalan sesuai dengan ketentuan.

Kemudian, KPU akan mengecek kelengkapan berkas caleg. Jika belumlah komplit, KPU akan memohon partai politik melengkapinya.

Tetapi, bukanlah bermakna meningkatkan berkas baru. Pada bagian ini, partai politik cuma bisa melakukan perbaikan berkas, bukanlah meningkatkan berkas yang kurang.

Tentang verifikasi apakah caleg itu sempat ikut serta masalah korupsi, narkotika serta kejahatan seksual pada anak, Arief pastikan jika KPU akan menelitinya benar.

” Bila prasyarat calon semasing calon terdapat yang tidak komplit atau tidak cocok ketetapan, jadi kami akan kembalikan ke parpol. Partai mempunyai dua pilihan. Pertama, lengkapi prasyarat yang tidak komplit atau ke-2, ganti caleg dengan caleg baru. Namun bukannya meningkatkan caleg ya, ” tutur Arief.

Baca Juga : Pendaftaran Caleg Ditutup, Semua Parpol Peserta Pemilu Sudah Mendaftar

” Contohnya hari ini terdapat partai politik yang cuma memasukan 500 daftar caleg. Walau sebenarnya kan slotnya terdapat 575. Waktu terdapat yang tidak komplit nanti, dapat ditukar, namun dari yang 500 itu. Tidak dapat kelak sesudah jam 00. 00 WIB, demikian terdapat yang dinyatakan tidak komplit, dia nambah 75 lagi, tidak dapat, ” katanya.

Mendekati penentuan anggota legislatif 2019, beberapa nama politisi serta tokoh umum bersama-sama geser parpol.