KPU Pastikan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Dilakukan di Kantornya

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bahwa proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 dilakukan di kantornya, Menteng Jakarta Pusat. Hal tersebut disampaikan terkait dengan pernyataan Amien Rais yang menyarankan rekapitulasi suara tidak dilakukan di Hotel Borobudur, Jakarta.

Menurut Komisioner KPU Viryan, sebenarnya penghitungan suara di mana pun tidak ada masalah karena prosesnya dilakukan secara terbuka dan transparan.

“Buat saya sebenarnya enggak ada masalah tempat di mana pun. Tetapi KPU membahas kemarin rapat internal itu (penghitungan suara) dilakukan di Kantor KPU,” kata Viryan saat dihubungi, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Viryan menerangkan, pada 2014, tempat rekapitulasi suara pemilu dilakukan di Kantor KPU. Dia pun menerangkan, sejauh ini pihaknya masih memilih Kantor KPU sebagai tempat untuk penghitungan suara Pemilu 2019.

“Pada 2019 nanti pun Insya Allah kami lakukan di Kantor KPU Ri dan itu prinsipnya, mekanisme rapat plenonya dilakukan terbuka. Jadi tempat lebih representatif, lebih memungkinkan, enggak ada masalah,” tutur Viryan.

Baca Juga : Jokowi-Amin Gunakan Hologram untuk Kampanye

Sementara itu, Komisioner KPU lainnya Hasyim Asy’ari meminta Amien tak perlu khawatir soal tempat penghitungan suara seperti yang dicurigainya. Diketahui, Amien tidak ingin penghitungan suara Pemilu dilakukan di Hotel Borobudur karena menurutnya di sana, banyak “jin dan genderuwo”.

“Suruh banyak baca ayat kursi, biar jin dan genderuwo lari terbirit-birit,” tutur Hasyim.