KPK Percaya dengan BPJS Ketenagakerjaan, Perlindungan TKI juga akan Lebih Baik

KPK Percaya dengan BPJS Ketenagakerjaan, Perlindungan TKI juga akan Lebih Baik

                JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakini, transformasi perlindungan TKI dari asuransi ke BPJS Ketenagakerjaan juga akan jadikan usaha perlindungan pada TKI diluar negeri jadi tambah baik. Sekian di sampaikan oleh Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Mencegah KPK, Asep Rahmat Suwandha.

“Negara mesti ada dalam perlindungan TKI dengan service yang maksimum, service lebih dekat, jangkauan lebih luas. BPJS Ketenagakerjaan memberikan keyakinan juga akan hal tersebut, ” kata Asep pada acara sosialisasi transformasi perlindungan TKI lewat BPJS Ketenagakerjaan dihadapan beberapa perwakilan perusahaan Pelaksana Peletakan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) di kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Senin malam, 31 Juli 2017. “Sebagai system baru, transformasi ini selalu dikaji pelaksanaanya”.

Asep juga memberikan, sesudah lakukan penelaahan panjang, transformasi perlindungan TKI ke system jaminan sosial adalah implementasi dari empat referensi yang didapatkan KPK pada Kemnaker dalam usaha perlindungan TKI diluar negeri. Empat referensi itu yaitu perbaikan tatakelola peletakan TKI dari daerah asal lewat Service Terpadu Satu Atap (LTSA), perbaikan pengawasan di daerah perbatasan, pengaturan biaya structure (standard cost), dan perlindungan TKI yang terintegrasi.

Baca Juga :  WN China dan Taiwan Pelaku Pemerasan Jalani Proses Hukum di Negaranya

Pada beberapa perwakilan PPTKIS, Asep juga mengingatkan kalau service pada TKI yaitu berkaitan hal besar karna berkaitan kebutuhan orang banyak. Tetapi di balik itu ada resiko yang besar. Yaitu potensi tindak pidana korupsi baik berbentuk suap, pemerasan ataupun gratifikasi. Ia mengharapkan beberapa PPTKIS mesti waspada. Pada BPJS Ketenagakerjaan juga disuruh tidak untuk lakukan kekeliruan yang dikerjakan oleh operator dalam system jaminan terlebih dulu.

Direktur Jenderal Pembinaan Peletakan Tenaga Kerja serta Pelebaran Peluang Kerja, Kemnaker, Maruli A. Hasoloan menyebutkan, transformasi perlindungan TKI dari system asuransi ke BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberi perlindungan pada TKI tambah baik. “Karena BPJS yaitu tubuh umum nirlaba, bertanggungjawab segera pada presiden, dan dipantau oleh Otoritas Layanan Keunagan dan akuntan umum, ” ujarya. Dia juga memberi animo pada Konsorsium Asuransi TKI yang sampai kini sudah memberi service asuransi untuk TKI.

Direktur Paling utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto menyebutkan jaminan sosial untuk TKI adalah bentuk hadirnya negara dalam perlindungan TKI seperti instruksi presiden.

Perlindungan yang didapatkan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja serta Jamian Kematian mulai sejak sebelumnya keberangkatan, masa peletakan sampai purna jadi TKI. “Manfaat yang didapatkan sama juga dengan faedah pada BPJS Ketenagakerjaan non TKI, ” katanya. Diluar itu ada pula program pilihan berbentuk Jaminan Hari Tua.

Agus meyakinkan, terkecuali gampang, murah dan jangkauan service yang luas, BPJS Ketenagakerjaan meyakinkan memberi faedah tambah baik. Umpamanya, klaim penyembuhan yg tidak terbatas bila TKI alami kecelakaan kerja. Bila TKI wafat dunia, jadi anaknya juga akan disekolahkan sampai sarjana, terkecuali memperoleh santunan kematian.

Dalam peluang itu, Sekretaris Paling utama Tubuh Nasional Perlindungan serta Peletakan TKI (BNP2TKI), Hermono menyebutkan, pihaknya mensupport transformasi perlindungan TKI ke BPJS Ketenagakerjaan seperti ditata oleh Ketentuan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 7 Th. 2017 mengenai Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indonesia yang juga akan berlaku mulai sejak 1 Agustus 2017.

Berkaitan dengan hal tersebut, BNP2TKI memberi juga akan fasilitasi pendaftaran, penyediaan data TKI, mengintegrasikan system, menolong penyelesaian klaim, mensosialisasikan dan lakukan pelajari. “Kami juga menyarankan dibuat tim kecil yang mengidentifikasi keadaan yang berlangsung di lapangan dan membuat call center, hingga bila ada beberapa hal baru dilapangan dapat selekasnya dikerjakan, ” katanya.

Support by : kompas.com