Ketahui Hal Ini Sebelum Anda Membeli Honda Jazz

Ketahui Hal Ini Sebelum Anda Membeli Honda Jazz

Honda Jazz mungkin mobil tersukses Honda secara global saat ini. Sekarang, bahkan sudah memasuki generasi ketiga. Model ini memakai mesin 4-silinder 1.5 liter yang bertenaga 120 PS dengan torsi puncak 145 Nm. Performanya ini, yang terbaik di antara para rivalnya. Misalnya, mesin Yaris hanya bertenaga 109 PS dengan torsi 140 Nm dan Mazda2 tenaganya 115 PS dan torsinya 148 Nm.

Mesin barunya sudah berteknologi Drive by Wire, i-VTEC, dan menggusung transmisi otomatis jenis CVT (Continuously Variable Transmission) yang sudah dibubuhi Earth Dreams Technology. Untuk urusan performa, tak perlu diragukan kemampuannya.

Honda Jazz Ultra Seat (1)

Di Indonesia, Jazz juga dikenal sebagai raja sirkuit. Sudah lebih dari satu dekade meramaikan Indonesian Series of Motorsport (ISOM) di sirkuit Sentul lewat ajang Honda Jazz Speed Challenge.

Mobil hatchback Honda ini, di Indonesia tak hanya dikenal dekat dengan lintasan balap, tapi juga sebagai bahan modifikasi yang paling diminati. Desainnya, memungkinkan para modifikator mewujudkan beragam jenis gaya modifikasi mobil yang diinginkannya. Acara Honda Jazz Tuning Contest misalnya, sudah berlangsung sejak 2005 dan menjadi salah satu ajang kontes modifikasi mobil paling konsisten sampai saat ini.

Untuk fitur dan kelengkapannya, di segmen ini, Jazz unggul karena menyediakan cruise control dan paddle-shift. Tak ada kompetitor di kelasnya yang memiliki kedua fitur itu. Sistem multimedianya pun cukup lengkap, dapat melakukan mirroring dengan smartphone serta sudah dilengkapi navigasi dan tombol audio di setir.

Baca Juga : Bupati Aceh Tengah Bicara Keunggulan Kopi Gayo di Budapest Hongaria

Untuk fitur keselamatan, memang Jazz tak selengkap Mazda2 yang memiliki blind spot monitoring system, sampai emergency automatic brake. Jazz juga tak memiliki fitur Head-Up Display (HUD) milik Mazda2, sunroof seperti yang dipakai Kia Rio, ataupun fitur AC otomatis yang dimiliki Nissan March. Namun Jazz, sudah dilengkapi fitur smart keyless dengan tombol start/stop dan fitur keselamatan rem ABS+EBD, dual SRS airbag, hingga fitur pengait kursi anak ISOFIX dan tether.

Ada satu fitur hebat yang dimiliki Jazz sejak dulu, yang tak dimiliki oleh kompetitornya, konfigurasi pelipatan kursi yang sangat fleksibel hingga mampu dimanfaatkan untuk membawa barang dalam berbagai ukuran. Ini oleh Honda disebut ‘Ultra Seat’.

Saat ini, Jazz dijual dalam dua tipe: S dan RS. Keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-speed atau transmisi otomatis CVT. Untuk tipe RS pada bagian eksteriornya mendapat lampu LED Projector, LED Daytime Running Lights (DRL), ornamen lis krom pada grille dan bagian belakang, juga spoiler.

Dijual mulai dari Rp 231.500.000 untuk tipe terendahnya S Manual, sampai Rp 266.500.000 untuk tipe tertingginya RS CVT. Bagaimana, tertarik memiliki Jazz? Tunggu dulu, versi penyegaran dari mobil ini sudah mulai dijual di Malaysia. Diprediksi tak lama lagi Jazz facelift juga pasti dipasarkan di Indonesia. Sebagai tambahan, di Malaysia Jazz bahkan tersedia dalam pilihan mesin hybrid.

  • Kursi Belakang
  • Mesin
  • Lampu interior
  • Engine Start Stop Button
  • Ventilasi AC Bagian Depan

Support by : oto.com