Kapolri: Irjen Firli Akan Lepas Jabatan Kabaharkam untuk Jadi Ketua KPK

 

Agen Judi Online – Ketua Komisi III Herman Herry menanyakan tentang kekuatan rangkap jabatan Kabaharkam Irjen Firli. Herman menanyakan apa Firli yang akan selekasnya dikukuhkan jadi Ketua KPK harus mundur jadi Kabarhakam Polri.

“Kabaharkam akan memegang jadi Ketua KPK. Apa harus mundur dari jabatannya jadi Kabaharkam atau seperti apa? Ini untuk menjawab semua pertanyaan yang ada,” bertanya Herman dalam rapat kerja bersama dengan Kapolri Jenderal Idham Azis di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Pertanyaan itu selanjutnya dijawab oleh Idham. Idham menerangkan Firli harus dihentikan dari jabatannya jadi Kabaharkam bila nantinya sah dikukuhkan jadi Ketua KPK.

Baca Juga : Pendekatan Baru Yamaha Bikin Valentino Rossi Senang

“Saya ingin mengemukakan permasalahan pertanyaan Bapak Ketua, permasalahan Kabaharkam, anggota Polri yang diangkat jadi pimpinan KPK dalam soal ini Kabaharkam itu tidak harus mengundurkan diri jadi anggota Polri, tetapi harus dihentikan dari jabatannya,” kata Idham.

Idham menerangkan hal tersebut sesuai klausal 29 UU No. 19 tahun 2019 mengenai Pergantian Atas UU No. 30 tahun 2002 mengenai KPL. Dalam ketentuan itu, katanya, jadi Ketua KPK Firli harus melepas jabatan struktural.

“Sebab ini sesuai ketetapan klausal 29 undang-undang nomor 19 tahun 2019 mengenai pergantian atas undang-undang nomor 30 tahun 2002 mengenai KPK tidak harus mengundurkan diri jadi anggota Polri, tetapi harus melepas jabatan struktural serta atau jabatan yang lain itu semacam itu,” katanya.