Kapan Tol Yogya-Solo Dibangun? Menteri PUPR: Tahun Depan

Sleman – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan tol Yogyakarta-Solo akan segera dibangun. Paling telat pembangunannya dilaksanakan tahun depan.

“Tahun depan harus sudah dibangun,” kata Basuki kepada wartawan di sela penutupan PPSMB UGM di Lapangan Pancasila UGM Yogyakarta, Sabtu (11/8/2018).

Menurut dia, kini pembangunan tol Yogyakarta-Solo tinggal menunggu tender.

“Tahun ini (proyek tol Yogyakarta-Solo) mesti ditender, karena pemrakarsanya kan sudah disetujui,” paparnya.

Pemerintah memang ingin menghubungkan wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) dengan tol. Di antara jalur yang akan dibangun yakni jalur Semarang-Bawen- Secang-Borobudur-Yogyakarta, dan jalur Yogyakarta-Solo.

Namun sebagai tahap awal, lanjut Basuki, pembangunan tol Yogyakarta-Solo akan didahulukan. Sementara tol Semarang-Bawen- Secang-Borobudur-Yogyakarta menyusul.

“Belum, belum, itu (pembangunan tol Yogyakarta-Magelang) belum,” jelasnya.

Baca Juga : Tak Dukung Satu Pun Capres, Partai Garuda: Kami Fokus di Pileg

Sementara konsep tol Yogyakarta-Solo yang akan dikerjakan tahun depan elevated atau melayang. Konsep tersebut adalah hasil kesepakatan sejumlah pihak terkait.

“Yogyakarta ini sudah sempit, kalau pembebasan lahan tambah berapa hektare nanti (tanah) hilang. Ini dia (konsep tol Yogyakarta-Solo) di jalan nasional, di atas. Kayak di Jakarta-Cikampek,” tutup Basuki.