Jokowi: Bendungan Karian Direncanakan Sejak ’80-an, Selesai 2019

Jokowi: Bendungan Karian Direncanakan Sejak '80-an, Selesai 2019

               JAKARTA,Presiden Joko Widodo memastikan Bendungan Karian di Kelurahan Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, akan rampung pada pertengahan 2019.

Semula, pembangunan bendungan ini direncanakan rampung 2020, namun akhirnya dipercepat menjadi 2019.

“Setelah melihat lapangan, kemudian pekerjaan bisa dipercepat, nanti pertengahan 2019 Insya Allah bisa selesai. Juni atau Juli,” kata Jokowi usai melakukan peninjauan terhadap Bendungan tersebut.

Baca Juga : MA Sebut KPK Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka

Jokowi mengatakan, Bendungan Karian ini sudah direncanakan sejak era ’80-an. Kemudian, tiga tahun yang lalu, pemerintah memulai pengerjaannya. Saat ini, pengerjaan bendungan sudah mencapai 47 persen.

“Waduk ini adalah waduk terbesar ketiga setelah Jatiluhur dan Jatigede,” kata Jokowi.
Bendungan senilai Rp 1,07 triliun ini dikerjakan oleh Daelim Industrial Co, LTD bersama PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero). Joint operation ini memiliki luas area genangan seluas 1.740  hektar dan mampu menampung 207,5 juta meter kubik air.

“Kita harapkan dengan waduk ini bisa mengairi lahan kurang lebih 22.000 hektar di Provinsi Banten dan yang kedua bisa menjadi air baku bagi Provinsi Banten dan Jakarta,” ucap Jokowi.

Adapun secara keseluruhan, Jokowi mengklaim saat ini pemerintahannya sudah membangun 33 waduk dari 49 waduk yang direncanakan.

“Tahun depan akan ada tambah 11 waduk lagi yang dibangun,” ujarnya.

Support by : kompas.com