Israel Cegat Kapal Aktivis yang Coba Terobos Blokade Jalur Gaza

TEL AVIV – Angkatan Laut Israel pada Minggu (29/7/2018) sudah mencegat kapal berbendera Norwegia yang dipakai oleh grup aktivis kemanusiaan.

Kapal itu dicegat waktu berusaha menerobos blokade untuk masuk lokasi Jalan Gaza.

” Insiden itu selesai tanpa berlangsung beberapa hal spesial. Sekarang ini kapal itu tengah dipindahkan ke pelabuhan Ashdod di selama pantai Israel tengah, ” kata militer Israel.

Konsolidasi Kebebasan Flotilla, grup aktivis yang mengakui berafiliasi dengan kapal, bernama Al Awda atau yang kembali, itu menyampaikan membawa 22 orang bersama muatan supply medis.

Kapal ke-2 yang berbendera Swedia, bernama Freedom, serta dipakai oleh grup aktivis yang sama direncanakan akan datang di daerah yang sama dalam beberapa waktu ke depan.

Sekitar empat kapal dilaporkan tinggalkan lokasi Skandinavia pada pertengahan Mei serta berhenti di seputar 28 pelabuhan di selama perjalanan.

Sebelumnya direncanakan ada enam kapal yang menuju Gaza, akan tetapi dua kapal yang lain ketinggalan sesudah berhenti di Palermo.

Sebentar sebelum Al Awda datang di seputar blokade Jalan Gaza, suatu kapal nelayan ikut dicegat. Konsolidasi menyebutkan aksi itu menjadi peringatan buat mereka.

” Angkatan Laut Israel mengklaim kapal kami tidak mematuhi hukum internasional serta meneror akan memakai semua aksi yang dibutuhkan untuk hentikan kami, ” kata konsolidasi dalam pengakuannya.

” Sebenarnya, hanya satu aksi yang dibutuhkan yaitu dengan akhiri blokade Gaza serta kembalikan kebebasan buat semua masyarakat Palestina, ” imbuhnya.

Baca Juga : Meski Hidung Patah, Wayne Rooney Bahagia Cetak Gol Debut

Israel berkeras blokade di Gaza dibutuhkan untuk menghambat masuknya senjata serta bahan yang bisa dipakai untuk militer

Petinggi PBB serta aktivis hak asasi manusia sudah mengatakan supaya blokade Israel pada Jalan Gaza bisa selekasnya dicabut dengan argumen selalu memburuknya keadaan kemanusiaan masyarakat Palestina.