Indonesia Tidak Kebagian Tuan Rumah Turnamen Bulu Tangkis Besar

JAKARTA – Badminton World Federation (BWF) menginformasikan hasil bidding penyelenggara major events pada 2020- 2025 yang akan datang. Bidding dilangsungkan Kamis, 29/11, lantas di kantor pusat BWF, Kuala Lumpur, Malaysia.

Sekitar 11 negara ikuti bidding kompetisi Kejuaraan Dunia, Kejuaraan Dunia Veteran, Kejuaraan Dunia Junior (serta Piala Suhandinata di nomer beregu), Piala Thomas serta Uber serta Piala Sudirman. Beberapa negara yang bisa menjadi tuan-rumah major events ialah Korea, Jepang, Thailand, Rusia, Amerika Serikat, India, Denmark, Spanyol, Perancis, Selandia Baru serta Tiongkok.

Dari bidding ini hari, masih tetap ada dua kejuaraan yang belum juga dipastikan penyelenggaranya yakni World Junior Championships 2024 serta 2025.

Selain itu, Indonesia menampik bidding menjadi penyelenggara tuan-rumah major events sampai 2025 yang akan datang sebab ketetapan pembagian komersial BWF sebesar 80-20 yang dipandang memberatkan.

“Sampai sekarang ini ketetapan kami masih tetap sama, akan tidak turut bidding sebelumnya ada pergantian ide pembagian komersial ini,” tutur Bambang Roedyanto, Kasubid Jalinan Internasional PP PBSI.

Baca Juga : 600 Hari Penyerangan Novel Baswedan, Komitmen Jokowi Kembali Ditagih

“Tiongkok selanjutnya memang akan memutuskan untuk turut bidding, sebab last minute, jadi tidak ada wakil mereka yang ada di acara bidding di KL barusan,” tutur Rudy.

Indonesia akhir kali menajdi tuan-rumah Piala Thomas serta Uber pada 2008 di Jakarta, sesaat untuk Piala Sudirman Indoensia jadi penyelanggara pertama pada 1989 serta keluar menjadi juara. Semenjak itu Indonesia tidak sempat kembali jadi tuan-rumah dan tidak sempat kembali jadi juara.