Hasil Race F1 GP Belgia 2019

STAVELOT – Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, akhirnya meraih kemenangan perdana di Formula One (F1) usai finis terdepan di GP Belgia 2019. Driver berusia 21 tahun itu mampu tetap tenang di bawah tekanan Lewis Hamilton sehingga finis dengan selisih amat tipis 0,981 detik.

Putaran pertama langsung memakan korban, yakni Max Verstappen yang mobilnya bersentuhan dengan Kimi Raikkonen di hairpin atau tikungan pertama. Pembalap berkebangsaan Belanda itu gagal melanjutkan lomba karena kerusakan suspensi.

Situasi tersebut sempat membuat safety car masuk lintasan untuk menetralkan lomba. Setelah periode mobil pengaman, Charles Leclerc langsung melaju dan membuka jarak di depan rekan setimnya, Sebastian Vettel.

Pembalap asal Jerman itu lantas masuk pit lebih dulu pada putaran ke-15 untuk mengganti ban dari soft ke medium. Taktik itu berhasil membawanya ke posisi terdepan ketika Charles Leclerc dan Lewis Hamilton berturutan masuk pit pada putaran 22 dan 23.

Ban yang lebih segar membuat Charles Leclerc berhasil mengejar Sebastian Vettel. Scuderia Ferrari kemudian meminta pembalap asal Jerman itu memberi jalan pada putaran 27. Nahas bagi Sebastian Vettel, bannya mulai aus di pertengahan lomba.

Kondisi tersebut dimanfaatkan Lewis Hamilton untuk mengejarnya. Upaya juara dunia 2018 itu berbuah pada putaran ke-32. Dengan dibantu drag reduction system (DRS), Lewis Hamilton menyalip Sebastian Vettel di trek lurus.

Baca Juga : Valverde Puas Melihat Dampak Besar Ansu Fati di Barcelona

Setelah melewati Vettel, Hamilton terus mempersempit jarak dengan Charles Leclerc. Beruntung, pembalap asal Monaco itu tetap tenang di bawah tekanan Hamilton untuk finis terdepan di F1 GP Belgia 2019 sekaligus meraih kemenangan perdananya di F1.

Posisi ketiga ditempati oleh Valtteri Bottas yang mampu melewati Sebastian Vettel, tidak lama setelah Lewis Hamilton. Lima besar dilengkapi oleh pembalap Red Bull Racing, Alexander Albon, yang menjalani debut bersama tim tersebut.