Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2019

JEREZ – Pembap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, tampil sebagai yang tercepat kala melakoni sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2019 yang berlangsung di Sirkuit Jerez. Pembalap berpaspor Prancis itu berhasil mencatatkan waktu 1 menit 36,880 detik.

Keberhasilan Quartararo menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi sebenarnya tak lepas dari nasib sial yang didapat pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Beberapa menit jelang kualifikasi berakhir, Marquez mengalami kecelakaan. Ia pun terpaksa harus menepi untuk mengganti motornya.

Hal itu lantas dimanfaatkan dengan baik oleh Quartararo, di mana ia mampu melampaui catatan waktu milik Marquez. Bahkan, tidak hanya Quartararo, rekan setimnya, Franco Morbidelli, juga memanfaatkan kondisi tersebut untuk merebut tempat kedua dengan torehan waktu 1menit 36,962 detik.

Sementara itu, Marquez harus puas menempati posisi ketiga dengan catatan waktunya 1 menit 36,970 detik. Hal ini nampaknya akan membuat balapan besok menjadi semakin menarik karena Marquez dibuntuti oleh rival beratnya dalam dua musim terakhir, Andrea Dovizioso. Pembalap Mission Winnow Ducati itu mendapatkan waktu putaran 1 menit 37,018 detik dan bakal start dari posisi keempat.

Baca Juga : Hanya Juara Ketiga di F1 GP Azerbaijan 2019 Buat Vettel Pesimis Tatap Barcelona

Hasil mengecewakan justru didapat oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, yang akan start dari posisi ke-13. Pasalnya, juara dunia sembilan kali itu tak berhasil menembus Kualifikasi 2 (Q2). Dengan hasil ini, jelas sulit bagi Rossi untuk mempertahankan posisinya di klasemen.