Atasi Wakil Korea, Jonatan ke Babak Ketiga Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019

BASEL – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, melangkahkan kaki ke babak ketiga di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. Keberhasilan itu diraih Jonatan usai mengalahkan Heo Kwang Hee asal Korea Selatan dengan skor 21-14 dan 21-17 di St. Jakobshalle, Swiss, Rabu (21/8/2019) dini hari WIB.

Kemenangan itu pun bukan hanya memastikan Jonatan maju ke babak 16 besar, tetapi memecah kebuntuannya ketika melawan Heo. Pasalnya, dari tiga pertemuan yang telah mereka jalani, Jonatan tak pernah mampu meraih kemenangan dari Heo.

Tetapi pada pertemuan keempat ini, Jonatan berhasil revans. Hal itu mampu terbukti sejak awal pertandingan dimulai. Pada awal set pertama, Jonatan pun terlihat tampil meyakinkan. Serangan-serangan tajam dan rapi membuat Jonatan mampu unggul jauh hingga kedudukan 13-4.

Akan tetapi, Heo tak tinggal diam dan mencoba bangkit. Beberapa kali Heo mampu memberi tekanan nyata bagi Jonatan hingga mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 16-11. Beruntung, Jonatan berhasil tampil tenang dan memenangi laga set pertama dengan skor 21-14.

Pada set kedua, Jonatan kembali mendapat perlawanan sengit dari Heo. Serangan-serangan tajam yang ditunjukkan membuat Jonatan tampil kurang baik. Bahkan pemain berusia 21 tahun itu sering tertinggal di awal set dan terus berlanjut hingga interval.

Setelah interval set kedua, Jonatan mampu bangkit dan menyamakan kedudukan hingga 13-13. Sejak itu permainan kembali sengit dan skor selalu imbang. Namun setelah kedudukan 16-16, Jonatan kembali tampil agresif hingga menutup set kedua dengan kemenangan 21-17.

Baca Juga : Soal Transfer Neymar, Thiago Silva Enggan Ikut Campur

Pada babak ketiga, Jonatan akan bertemu wakil Denmark, Jan O Jorgensen. Pemain veteran itu berhasil melaju ke babak 16 besar usai mengalahkan wakil Indonesia lainnya yakni Tommy Sugiarto.

Sementara itu, di saat yang bersamaan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja juga melaju ke babak ketiga. Hafiz/Gloria berhasil mengandaskan wakil Ukraina, Valeriy Atrashchenkov/Yelyzaveta Zharka dengan skor 21-9 dan 21-15.