Arsenal Vs Tottenham, The Gunners Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan

LONDON – Laga Derbi London Utara, Arsenal vs Tottenham Hotspur pada laga pekan ke-14 Premier League, kasta teratas Liga Inggris di Stadion Emirates, Minggu (02/12/2018), berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan tuan rumah.

Empat gol Arsenal dicetak oleh brace Pierre-Emerick Aubameyang (penalti-10′, 56′), Alexandre Lacazette (75′), dan Lucas Torreira 78′).

Sementara itu, gol Tottenham tercatat atas nama Eric Dier (30′) dan Harry Kane (34′). Jan Vertonghen mendapat kartu merah pada babak kedua.

Kemenangan ini membuat Arsenal memperpanjang tren positif tanpa kekalahan menjadi 19 laga beruntun.

Hasil ini membuat Arsenal dan Tottenham bertukar posisi di papan klasemen. Arsenal naik ke peringkat empat dengan koleksi 30 poin unggul selisih gol dari Tottenham di bawahnya.

Laga bertajuk Derbi London Utara ini berlangsung panas dan sengit sejak menit awal. Pada babak pertama, Arsenal tampil dominan dengan peguasaan bola sebesar 64 persen.

The Gunners bahkan sudah unggul ketika laga memasuki menit ke-10. Aubameyang membuka keunggulan lewat eksekusi bola mati. Penalti ini didapat setelah Jan Vertonghen kedapatan hands ball.

Meski sulit mengembangkan permainan, Tottenham justru mampu berbalik unggul pada 15 menit akhir babak pertama. Dua gol Tottenham ini tercipta melalui skema bola mati.

Spurs mencetak gol penyeimbang pada menit ke-30 lewat kaki Eric Dier yang menerima umpan Christian Eriksen. Seusai gol ini sempat terjadi keributan antarpemain dan staf kedua tim karena selebrasi Dier dianggap memprovokasi.

Empat menit berselang, Harry Kane membawa Tottenham unggul lewat titik putih.

Gol penalti ini membuat Kane menyamai prestasi Emmanuel Adebayor (8 gol) sebagai pemain tersubur di laga Derbi London Utara sepanjang sejarah.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, pelatih Arsenal, Unai Emery, langsung memasukkan Alexandre Lacazette dan Aaron Ramsey untuk menambah daya gedor. Pergantian ini terbukti membawa perubahan di Arsenal.

Pada menit ke-56, Ramsey menjadi inisiator gol penyeimbang Arsenal yang dicetak Aubameyang.

Arsenal kemudian berbalik unggul pada menit ke-75 berkat kombinasi pemain pengganti, Ramsey dan Lacazette.

Baca Juga : Indonesia Tidak Kebagian Tuan Rumah Turnamen Bulu Tangkis Besar

Arsenal seperti berhasil mengakhiri laga lebih cepat pada menit ke-77 karena kembali mencetak gol. Kali ini Lucas Torreira yang mencatatkan namanya di papan skor. Ini menjadi gol pertama Torreira bersama Arsenal.

Usaha Tottenham mengejar defisit dua gol setelah harus bermain 10 orang pada menit ke-85. Jan Vertonghen harus meninggalkan lapangan lebih cepat seusai menerima kartu kuning kedua.