5 Kecamatan di Belitung Timur Terendam Banjir

5 Kecamatan di Belitung Timur Terendam Banjir

              PANGKAL PINANG, Sedikitnya lima kecamatan di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, terendam banjir akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Jumat(14/7/2017) malam. Ketinggian air mencapai lima puluh sampai delapan puluh sentimeter.

“Titik evakuasi sudah dipersiapkan oleh kecamatan dan desa setempat bila kondisi makin memburuk,” kata Kepala Bagian Protokol Pemprov Kepulauan Bangka Belitung, M Ali, Sabtu.

Lima kecamatan yang terdampak banjir, yakni Kecamatan Kelapa Kampit, Kecamatan Damar, Kecamatan Simpang Rengginang, Kecamatan Gantung, dan Kecamatan Simpang Pesak.

“Cuaca hujan dari semalam sampai dengan sore ini intensitas lebat dan berangin kencang,” papar Ali.

Baca Juga : Ikut Penggerebekan Sabu, Polwan Ocha Kerap Tinggalkan Anak Balitanya

Pimpinan daerah kabupaten, kata Ali, telah bergerak ke lapangan dan mengoordinasikan tim bantuan yang terdiri dari Basarnas, BPBD, dan Tagana.

Genangan banjir selain merendam pemukiman warga juga merusak sejumlah ruas jalan. Belum dilaporkan nilai kerugian akibat bencana tersebut.

Petugas telah membangun pos siaga dan memastikan tidak ada warga yang menjadi korban.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang merilis, ketinggian gelombang untuk wilayah Belitung Timur mencapai 1,5 hingga 2 meter. Warga diminta waspada untuk kondisi hujan lebat, angin kencang. dan petir yang bisa terjadi siang maupun malam hari.

Support by : kompas.com